Senin, 16 November 2020

Mahasiswa Undip asal Kaliwedi Sragen Sukses Jadi Jutawan Muda Berkat Inovasi Melon Green House.

 


 Masa pandemi covid-19 memang telah memaksa segala sendi peradaban sosial ekonomi masyarakat berubah di tengah keterbatasan. Namun bagi sebagian yang kreatif, masa pandemi justru menjadi momentum memunculkan ide-ide inovatif mereka untuk melakukan sesuatu yang positif.

Salah satunya ditunjukkan remaja asal Desa Kaliwedi, Kecamatan Gondang, Sragen ini. Ya, Gilang Indarmaga Putra (23), mahasiswa semester 7 jurusan Teknik Perkapakan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang itu mampu memanfaatkan pandemi menjadi momen untuk mendatangkan hasil.Momen kuliah daring dan belajar di rumah, dimanfaatkannya untuk berinovasi dengan merintis budidaya melon lewat hidroponik dan green house. Meski tak nyambung dengan basic ilmu kuliahnya, tekad besar Gilang memanfaatkan potensi di wilayahnya, sukses mengantarkannya menjadi jutawan muda.

Menurutnya, sistem green house itu digagas karena minim pestisida sehingga buah dan sayur hasil panen akan memiliki jaminan bersih dan sehat untuk dikonsumsi. Berbekal tutorial didapat dari berbagai referensi, ditambah belajar dari penelitian dosen-dosennya dan dari orangtuanya yang juga gemar budidaya pertanian, mimpi Gilang diwujudkan mulai awal pandemi atau sekitar bulan Februari 2020 lalu.

Diawali dengan membuat green house yang dibangun di atas pekarangan milik keluarganya. Kemudian untuk modal pembuatan green house, ia rela menggadaikan BPKB motornya untuk mencari pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) di bank. Setelah semua siap, ia memulai inovasinya dengan penanaman melon pertama pada bulan Maret. Untuk operasional, ia dibantu beberapa pemuda di desanya.

Tekad kuatnya rupanya membawa berkah. Tanpa aral, percobaan pertamanya itu berbuah manis. Melonnya sukses dan berhasil panen dengan hasil 5 ton melon kualitas super.
Dengan harga Rp 7.000 perkig dari supliyer, panen perdana itu sukses mendatangkan hasil Rp 35 juta. Setelah sukses di debut perdana, selang dua pekan, lahan green house kembali ditanami untuk kedua kalinya.Dengan kesuksesan pertama, tanam kedua pun berhasil bagus dan hingga kini sudah memasuki periode tanam keempat.

#UniversitasDiponegoro

#UNDIP

#Undipexcellent

#UndipUnggul

#UndipMaju

#UndipJaya

Sumber : https://joglosemarnews.com/2020/11/kreatif-di-masa-pandemi-mahasiswa-undip-asal-kaliwedi-sragen-sukses-jadi-jutawan-muda-berkat-inovasi-melon-green-house-sekali-panen-untung-rp-25-juta-kini-mulai-berdayakan-warga-dan-pemuda-di-desan/


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Informasi Lebih Lanjut dan Kontak dennyhendrik98@gmail.com.

Address:

Jalan Banjarsari Raya No 27A Tembalang Semarang

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

6281339285456

Diberdayakan oleh Blogger.