Kamis, 12 November 2020

MELAWAN VIRUS COVID-19 DENGAN INOVASI OLAHAN MANGROVE

Dosen Undip bekerja sama dengan mahasiswa Tim KKN Iptek Desa Binaan Undip (IDBU) membuat sebuah inovasi dari olahan mangrove yang dijadikan sebagai handsanitizer dan desinfektan untuk  mendukung keputusan Kementerian Kesehatan RI No  HK. 01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Produk tersebut berguna untuk mencegah penularan COVID-19 terutama di tempat wisata. Salah satu sektor wisata yang terdampak yaitu edu-ekowisata mangrove Dusun Tapak di Kelurahan Tugurejo.


Tim KKN IDBU yang dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Sutrisno Anggoro, MS., Dr. Ir.Suryanti, M.Pi., dan Oktavianto Eko Jati, S.Pi, M.Si. bersama sepuluh mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) bekerja sama dengan tiga mitra yang ada di Dusun Tapak Kelurahan Tugurejo. Ketiga mitra tersebut terdiri dari  Putri Tirang, Prenjak, dan Pokdarwis, yang merupakan unit pengembangan edu-ekowisata mangrove Dusun Tapak. Putri Tirang berfokus dibidang produk olahan pangan dan non pangan, Prenjak berfokus pada bidang konservasi ekosistem mangrove, serta Pokdarwis berfokus pada pengelolaan wisata.  Seluruh pihak secara bersama-sama mengimplementasikan protokol kesehatan di edu-ekowisata mangrove Dusun Tapak. Maka dari itu, Tim KKN IDBU mengembangkan potensi mangrove didaerah tersebut untuk dijadikan disinfektan dan handsanitizer.


Berdasarkan penelitian, mangrove spesies Avicennia marina merupakan tanaman yang memiliki kandungan antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antivirus. Kandungan senyawa tersebut dapat ditemukan pada bagian daun dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu formulasi dalam pembuatan disinfektan, serta handsanitizer. Inovasi ini bertujuan untuk mempersiapkan objek wisata mangrove yang aman di tengah merebaknya virus COVID-19 dan juga dapat berguna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebagai upaya optimalisasi protokol kesehatan di edu-ekowisata mangrove Dusun Tapak Tim Pengabdian Masyarakat IDBU juga melakukan pengadaan wastafel injak yang dilengkapi dengan wetland serta poster cuci tangan pakai sabun (CTPS), handsanitizer injak dan alat pengering tangan.

“KKN yang ada di Tugurejo khususnya di Dusun Tapak, sangat sangat berkesan, karena setidaknya masyarakat kami mendapatkan  ilmu, mendapatkan pembelajaran, dari proses cara membuat handsanitizer menurut takaran takarannya. dari masyarakat tidak tahu, pasti yang mengetahui itu dari akademisi yang sudah melakukan uji lab untuk mengetahui takaran takaran khususnya masyarakat mengucapkan banyak terimakasih. Serta dengan adanya temen temen melakukan KKN disini sangat berkesan.” Terang Eko. Harapannya dengan adanya program pengabdian ini dapat memberikan solusi dari setiap permasalahan dan meningkatkan sinergitas serta gerakan kolaboratif antara Tim Pengabdian Masyarakat IDBU dengan masyarakat yang ada di Dusun Tapak, Kelurahan Tugurejo.

 

#UniversitasDiponegoro

#WorldClassUniversity

#Undip

#FPIKUndip

#UndipExcellent

#UndipUniversitasRiset


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Informasi Lebih Lanjut dan Kontak dennyhendrik98@gmail.com.

Address:

Jalan Banjarsari Raya No 27A Tembalang Semarang

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

6281339285456

Diberdayakan oleh Blogger.