Jumat, 20 November 2020

Kesemat UNDIP yang telah Internasional di bidang Mangrove

Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT) didirikan oleh sembilan orang mahasiswa angkatan 1998 jurusan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro (UNDIP) di desa Teluk Awur, Jepara, pada tanggal 9 Oktober 2001.

Pendiri KeSEMaT, yaitu: 1. Aris Priyono, 2. Agung Faiz Darmawan, 3. Vidi Bahtiar B., 4. Robby Nurcahyadi, 5. Weka Mahardi, 6. Muchtar Habibi, 7. Ragil Yuniarto, 8. Ari Bangun Sutaji dan 9. Azka Syahriza A.

Di awal berdirinya, KeSEMaT memfokuskan dii untuk merehabilitasi lahan gundul di pesisir Teluk Awur. Setelah berhasil, KeSEMaT mulai melebarkan sayap ke luar Jepara.

Mulai tahun 2005, KeSEMaT berhasil bekerja sama dengan banyak organisasi dan institusi dari dalam dan luar negeri dan berkontribusi bagi pengembangan pembangunan mangrove dan pesisir di Indonesia.

Pada tahun 2009, KeSEMaT mendirikan komunitas Relawan Mangrove KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER) dan Yayasan Inspirasi Keluarga KeSEMaT (IKAMaT), sebuah yayasan mangrove yang bertujuan untuk membantu KeSEMaT mengkampanyekan penyelamatan mangrove ke komunitas yang lebih luas.

Dua tahun sesudahnya, yaitu pada tahun 2011, KeSEMaT berhasil mendirikan perusahaan jasa dan produk mangrove, bernama CV. KeSEMaT Mangrove Indonesia (KeMANGI) yang memiliki misi membantu berbagai pihak dalam rangka mewujudkan cita-cita bersama, merehabilitasi kawasan mangrove di Indonesia bahkan dunia.

Berkat usahanya yang luar biasa dalam menyelamatkan mangrove di Indonesia dan mengkampanyekannya ke seluruh dunia melalui jaringan kerja dan afiliasinya, maka KeSEMaT mendapatkan banyak penghargaan dari institusi dalam dan luar negeri, sebagai sebuah pengakuan bahwa kinerjanya membawa dampak positif bagi kemajuan pembangunan mangrove dan pesisir di Indonesia.

Saat ini, KeSEMaT bergerak maju bekerja sama dengan lebih banyak instansi terkait pengelolaan mangrove di Indonesia dan dunia, untuk mencapai tujuannya, yaitu membangun kembali mangrove di Indonesia demi masa depan yang lebih baik. 

KeSEMaT menjadikan Mangrove Sebagai Gaya Hidup. “Mangrove is Lifestyle”. Mereka hanya Unit Pelaksana Kegiatan (Organisasi Mahasiswa) di bawah Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Semarang, namun upaya yang mereka lakukan jauh melebihi dari tugas dan tanggung jawab yang mereka emban sebagai mahasiswa.

Mereka berhasil mendirikan perusahaan mangrove berupa CV, bernama CV. KeSEMaT Mangrove Indonesia (CV. KeMANGI), mendirikan yayasan mangrove, bernama Yayasan Inspirasi Keluarga KeSEMaT (Yayasan IKAMaT) dan komunitas relawan mangrove, bernama KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER).

Untuk mewujudkan slogan mereka, yaitu Mangrove Sebagai Gaya Hidup, mereka menciptakan 22 brands mangrove, 11 industri mangrove kreatif, tujuh divisi program mangrove untuk warga pesisir, sebelas relawan mangrove di berbagai kota di Indonesia dan empat warga binaan, masing-masing batik mangrove, jajanan mangrove dan pembibitan mangrove.

MANFAAT KEGIATAN KeSEMaT
Manfaat yang dirasakan atas kehadiran KeSEMaT, tak hanya dirasakan di Indonesia saja, namun juga dunia internasional, terutama di negara-negara jaringan Mangroves For The Future (MFF), di Asia Tenggara sehubungan dengan dua buah e-Book mangrove KeSEMaT yang bisa diunduh gratis di website MFF.

PROGRAM
Mangrove Adalah Gaya Hidup: Penyelamatan Ekosistem Mangrove dan Pemberdayaan Masyarakat di Pantai Utara Jawa dan Pengembangan Konsep dan Implementasi Industri Mangrove Kreatif di Indonesia.

URAIAN KEGIATAN
Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT) adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang, berdiri dengan dasar hukum Surat Keterangan Ketua Jurusan Ilmu Kelautan FPIK Universitas Diponegoro Nomor 18/J07.1.36/IK/10/2001. Organisasi ini memiliki misi dan tujuan mengembangkan penelitian tentang ekosistem mangrove di kalangan mahasiswa, menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta mangrove di kalangan anggotanya, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya, serta mewujudkan dan mengembangkan kegiatan yang bersifat ilmiah dan mengarah kepada konservasi ekosistem mangrove, dengan motto “konservasi, penelitian, kampanye, pendidikan dan dokumentasi mangrove untuk generasi mendatang.” Sebagai organisasi mahasiswa, sesuai dengan motonya, KeSEMaT memfokuskan dirinya dalam kegiatan konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi mangrove yang diimplementasikan dalam program-program pengajaran, penyuluhan, pembibitan, penanaman dan pemeliharaan mangrove serta pemberdayaan masyarakat pesisir melalui kampanye dan pendampingan pembelajaran konsep rehabilitasi mangrove yang baik dan benar dan teknik pengolahan bahan makanan berbahan baku mangrove untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat pesisir.

 


Sumber :undip.ac.id

#UniversitasDiponegoro

#Undip

#UndipJaya

#DiponegoroUniversity

#UndipExcellent

#UndipMaju

#FPIKUndip

#KelompokStudiFPIKUndip


 

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Informasi Lebih Lanjut dan Kontak dennyhendrik98@gmail.com.

Address:

Jalan Banjarsari Raya No 27A Tembalang Semarang

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

6281339285456

Diberdayakan oleh Blogger.