Minggu, 20 Desember 2020

Seputar Teknik Mesin Undip dan Prospek nya


 

Apa itu Teknik Mesin Undip ?

Jadi Mechanical Engineering itu harusnya diterjemahkan menjadi Teknik Mekanika, bukan Teknik Mesin. Kesalahan penerjemahan inilah yang menyebabkan banyak orang awam khususnya dikalangan wanita yang tidak mau masuk Teknik Mesin padahal output S1 Teknik Mesin tidak menjadi montir yang berhubungan dengan oli. Secara keilmuan teknik mesin adalah pendalaman dari ilmu mekanika.

Sejarah Teknik Mesin Undip

Awalnya Teknik Mesin undip berdiri tahun 1983, berarti sekarang sudah 38 tahun ya, kalo jadi orang udah bapak bapak dia. Mahasiswa Teknik Mesin Undip adalah salah satu pelopor terciptanya “Piagam Jatidiri” pada Semarang, 1 Oktober 1993. Piagam Jatidiri berisi pembentukan Forum Mahasiswa Mesin Indonesia (FMMI). Makanya kalo kita liat logonya Mahasiswa Teknik Mesin dari sabang sampai merauke pasti selalu sama “Solidarity M Forever” dengan kekhasan huruf M besar di tengahnya. Teknik mesin undip juga telah melahirkan bermacam macam alumni yang bekerja di berbagai sektor industry.

ACCREDITATION OF MECHANICAL ENGINEERING DIPONEGORO UNIVERSITY

Oiya Teknik Mesin Undip terakreditasi A lho dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan keputusan No 392/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014 dan terakreditasi dari Asean University Network.

ACADEMIC IN MECHANICAL ENGINEERING DIPONEGORO UNIVERSITY

Matematika, fisika dan bahasa Inggris adalah modal penting dalam menghadapi perkuliahan di Teknik Mesin. Pemahaman yang baik matematika dan fisika menjadi modal penting karena 60-70% materi perkuliahannya adalah tentang perhitungan fisika. Pemahaman bahasa inggris sangat penting dikarenakan buku buku perkuliahan sebagian besar menggunakan bahasa Inggris. Kuliah di teknik mesin undip itu cenderung susah. Terdapat dua faktor penyebabnya yaitu : Pertama, fisika adalah ilmu eksak, klo kita salah perhitungan yaudah langsung salah, udah gitu teknik mesin isinya pendalaman materi fisika sma. Kedua, standar penilaian dosen yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jurusan lain. Tapi hal ini sangat bermanfaat karena lulusan Teknik Mesin Undip memiliki pemahaman yang baik terhadap bidang keilmuan Teknik Mesin.

Terdapat 4 konsentrasi bidang keilmuan di Teknik Mesin Undip :

  1. Konstruksi

Konstruksi berhubungan analisis konstruksi mesin, Perancangan dan perhitungan mesin

  1. Konversi Energi

Konversi energi berhubungan dengan mesin fluida yang mengubah suatu energi menjadi energi lainnya, perpindahan panas pada mesin

  1. Produksi

Produksi berhubungan dengan proses manufakturing, sistem kontrol

  1. Material

Material berhubungan dengan penelitian dan pengembangan material

Prospek Kerja Teknik Mesin

Lowongan pekerjaan Teknik Mesin juga sangat luas. Coba saja liat di internet pasti banyak sekali kebutuhan akan lowongan teknik mesin di berbagai daerah di Indonesia dengan gaji yang besar ditambah lagi dengan solidaritas antar alumninya yang senantiasa memberikan informasi peluang kerja setiap saat. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari Jurusan Teknik Mesin.

Sumber : undip.ac.id

#undip

#undipsemarang

#diponegorouniversity

#universitasdiponegoro

#undipexcellent

#undipmaju

#undipjaya

#undipachievement

#undipworldclassuniversity

#undipunggul


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Informasi Lebih Lanjut dan Kontak dennyhendrik98@gmail.com.

Address:

Jalan Banjarsari Raya No 27A Tembalang Semarang

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

6281339285456

Diberdayakan oleh Blogger.