Minggu, 20 Desember 2020

Alumni Undip Dukung Perekonomian Bangsa


 

Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (Ika-Undip) meminta seluruh anggotanya untuk turut serta mendukung perekonomian bangsa. Apalagi, saat ini terdapat lebih dari 200 orang anggotanya menduduki posisi strategis di berbagai bidang baik di pemerintahan, swasta, maupun lembaga tinggi negara.Kesuksesan sejumlah anggota almamater dalam menempati posisi puncak dan penting di pemerintahan, BUMN, perusahaan swasta, dan sejumlah badan atau lembaga penting negara adalah kebahagiaan bagi seluruh almamater.Ika-Undip banyak menduduki beberapa jabatan strategis.

Statistik lulusan Universitas Diponegoro merepresentasikan kualitas lulusan berdasarkan beberapa indikator employability, diantaranya meliputi :

  1. Jumlah lulusan dari semua degree
  2. Jumlah lulusan yang merespon survey
  3. Jumlah lulusan yang bekerja
  4. Jumlah lulusan yang melanjutkan studi
  5. Jumlah lulusan yang tidak dapat bekerja akibat kondisi tertentu
  6. Jumlah lulusan yang tidak bekerja tapi sedang mencari pekerjaan

Dari beberapa indikator employability tersebut terlihat bahwa jumlah lulusan yang merespon survey sangat baik (90,3%). Selain itu salah satu indikator yang digunakan dalam penilaian bahwa lulusan suatu perguruan tinggi berkualitas adalah jumlah lulusan yang bekerja. Lulusan Universitas Diponegoro terbukti mampu diserap oleh pasar, hal ini ditunjukkan oleh hasil survey Jumlah lulusan yang bekerja mencapai 95,2%. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas lulusan undip sangat baik dan diterima oleh pasar tenaga kerja. Distribusi lulusan Universitas Diponegoro yang bekerja menurut masa tunggu dalam mendapatkan pekerjaaan, dengan rata rata masa tunggu 2,5 bulan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas lulusan Universitas Diponegoro sangat baik dan diterima untuk bekerja relative cepat oleh pasar tenaga kerja.

Distribusi lulusan Universitas Diponegoro yang bekerja menurut jenis instansi/perusahaan terlihat bahwa beberapa instansi baik pemerintah, swasta maupun organisasi lainnya menunjukkan data sebagai berikut:

  1. Instansi pemerintah (termasuk BUMN) sebesar 43%
  2. Perusahaan swasta sebesar 40,8%
  3. Perusahaan lainnya sebesar 7,9%
  4. Wirausaha atau perusahaan sendiri sebesar 6,4%
  5. Organisasi non-profit atau lembaga swadaya masyarakat sebesar 1,9%

Hal ini menunjukkan bahwa kualitas lulusan Universitas Diponegoro sangat baik dan diterima untuk bekerja di berbagai instansi pemerintah, swasta, maupun lembaga swadaya masyarakat.

Sumber : undip.ac.id

#undip

#undipsemarang

#diponegorouniversity

#universitasdiponegoro

#undipexcellent

#undipmaju

#undipjaya

#undipachievement

#undipworldclassuniversity

#undipunggul


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Informasi Lebih Lanjut dan Kontak dennyhendrik98@gmail.com.

Address:

Jalan Banjarsari Raya No 27A Tembalang Semarang

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

6281339285456

Diberdayakan oleh Blogger.