Minggu, 27 Desember 2020

Penyelenggaraan Comweek 2020 di Masa Pandemi oleh Mahasiswa Fisip Undip berjalan sukses


 

Commweek adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Ilmu Komunikasi FISIP Undip sejak bulan September sampai November 2020. Tahun ini, Commweek hadir dengan tema “The Social Redemption: the Greatest People for the Greatest Era” yang membawa pesan untuk memberi kesempatan bagi banyak orang untuk menebus ketidakberuntungan atas apa yang terjadi akhir-akhir ini dengan kreativitas dan keberanian yang dimiliki. Sedangkan untuk makna tagline Commweek  ‘The Greatest People for the Greatest Era’ sendiri bermakna bahwa satu-satunya hal yang membuat sebuah era menjadi begitu hebat adalah orang-orangnya.  Commweek  turut mengajak seluruh audiens untuk bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik. Commweek 2020 mengadakan tiga mata lomba, yaitu Commcup dan Komusikasi yang merupakan program rutin di tahun-tahun sebelumnya, serta Creative Idea Fest (CIF) yang baru diadakan tahun ini. Acara ini berhasil menggandeng ratusan peserta; seperti Commcup dengan 114 peserta, Komusikasi 57 peserta, kelas online CIF 157 peserta, Opinion Writing 7 peserta, Creative Advertisement 2 finalis, dan Public Relation Campaign 2 finalis.

Kanaya Az Zahrah selaku ketua pelaksana menjelaskan tujuan diselenggarakannya Commweek 2020 adalah  ingin memberikan wadah bagi audiens untuk bisa menyalurkan aspirasi, hobi, dan ketertarikan mereka. Terbukti dengan diadakannya tiga mata lomba di mana audiens yang memiliki ketertarikan di bidang olahraga bisa menyalurkan hobinya di Commcup. Kemudian Komusikasi yang menjadi media bagi peminat seni musik untuk unjuk bakat dan menambah pengalaman. Yang terakhir, ada CIF yang bisa menampung audiens dengan minat lebih di bidang akademik. Untuk perencanaan acara di situasi pandemi, Kanaya mengaku ia dan tim belum mempertimbangkan mengenai adanya Covid-19 . Kanaya juga menambahkan bahwa semakin luasnya target audiens Commweek merupakan sisi baik dari masa pandemi. Dengan diadakan secara online, semakin terjangkau bagi audiens dari luar daerah dan memperluas lingkup audiens bagi penyelenggara Commweek. Dalam menghadapi pandemi, ada beberapa hambatan yang sempat dirasakan para penyelenggara. Namun menurut Kanaya, hambatan yang paling terasa terjadi dalam lingkup internal seperti bagaimana ia merangkul teman-temannya untuk saling menjaga ekosistem penyelenggaraan Commweek agar bisa sehangat dan semenyenangkan seperti saat diselenggarakan secara offline. Apalagi diskusi acara hanya bisa dilakukan dengan chatting dan virtual meeting di mana kebersamaan yang dirasakan pun mungkin berbeda.

Di akhir wawancara, Kanaya menuturkan harapan dari diselenggarakannya Commweek 2020. Ia berharap acara ini bisa memperluas jaringan dan membuat Ilmu Komunikas FISIP Undip semakin dikenal masyarakat umum atas keberhasilan dalam menyelenggarakan acara di masa pandemi.

Sumber: undip.ac.id

#UniversitasDiponegoro

#UndipSemarang

#DiponegoroUniversity

#WorldClassUniversity

#UndipExcellent

#UndipJaya

#UndipHebat

#UndipJuara

#Undip

#UndipBerprestasi

#FisipUndip

#IlmuKomunikasiUndip


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Informasi Lebih Lanjut dan Kontak dennyhendrik98@gmail.com.

Address:

Jalan Banjarsari Raya No 27A Tembalang Semarang

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

6281339285456

Diberdayakan oleh Blogger.