Commweek adalah acara
tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Ilmu
Komunikasi FISIP Undip sejak bulan September sampai November 2020.
Tahun ini, Commweek hadir dengan tema “The Social Redemption: the Greatest
People for the Greatest Era” yang membawa pesan untuk memberi kesempatan
bagi banyak orang untuk menebus ketidakberuntungan atas apa yang terjadi
akhir-akhir ini dengan kreativitas dan keberanian yang dimiliki. Sedangkan
untuk makna tagline Commweek ‘The Greatest People for
the Greatest Era’ sendiri bermakna bahwa satu-satunya hal yang membuat
sebuah era menjadi begitu hebat adalah orang-orangnya. Commweek
turut mengajak seluruh audiens untuk bersama-sama menciptakan masa depan yang
lebih baik. Commweek 2020 mengadakan tiga mata
lomba, yaitu Commcup dan Komusikasi yang merupakan program rutin di tahun-tahun
sebelumnya, serta Creative Idea Fest (CIF) yang baru diadakan
tahun ini. Acara ini berhasil menggandeng ratusan peserta; seperti Commcup
dengan 114 peserta, Komusikasi 57 peserta, kelas online CIF 157 peserta, Opinion
Writing 7 peserta, Creative Advertisement 2 finalis,
dan Public Relation Campaign 2 finalis.
Kanaya Az Zahrah selaku
ketua pelaksana menjelaskan tujuan diselenggarakannya Commweek 2020
adalah ingin memberikan wadah bagi audiens untuk bisa menyalurkan
aspirasi, hobi, dan ketertarikan mereka. Terbukti dengan diadakannya tiga mata
lomba di mana audiens yang memiliki ketertarikan di bidang olahraga bisa
menyalurkan hobinya di Commcup. Kemudian Komusikasi yang menjadi media bagi peminat
seni musik untuk unjuk bakat dan menambah pengalaman. Yang terakhir, ada CIF
yang bisa menampung audiens dengan minat lebih di bidang akademik. Untuk
perencanaan acara di situasi pandemi, Kanaya mengaku ia dan tim belum
mempertimbangkan mengenai adanya Covid-19 . Kanaya juga menambahkan bahwa
semakin luasnya target audiens Commweek merupakan sisi baik dari masa pandemi.
Dengan diadakan secara online, semakin terjangkau bagi audiens dari luar daerah
dan memperluas lingkup audiens bagi penyelenggara Commweek. Dalam menghadapi
pandemi, ada beberapa hambatan yang sempat dirasakan para penyelenggara. Namun
menurut Kanaya, hambatan yang paling terasa terjadi dalam lingkup internal
seperti bagaimana ia merangkul teman-temannya untuk saling menjaga ekosistem
penyelenggaraan Commweek agar bisa sehangat dan semenyenangkan seperti saat
diselenggarakan secara offline. Apalagi diskusi acara hanya bisa
dilakukan dengan chatting dan virtual meeting di
mana kebersamaan yang dirasakan pun mungkin berbeda.
Di akhir wawancara,
Kanaya menuturkan harapan dari diselenggarakannya Commweek 2020. Ia berharap
acara ini bisa memperluas jaringan dan membuat Ilmu Komunikas FISIP
Undip semakin dikenal masyarakat umum atas keberhasilan dalam
menyelenggarakan acara di masa pandemi.
Sumber: undip.ac.id
#UniversitasDiponegoro
#UndipSemarang
#DiponegoroUniversity
#WorldClassUniversity
#UndipExcellent
#UndipJaya
#UndipHebat
#UndipJuara
#Undip
#UndipBerprestasi
#FisipUndip
#IlmuKomunikasiUndip
0 komentar:
Posting Komentar