Creative Idea Fest (CIF)
merupakan salah satu mata acara dari Commweek yang diadakan oleh
mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Undip dalam kurun waktu kurang lebih
tiga bulan, mulai dari September hingga November 2020. CIF tahun ini diselenggarakan
secara online dengan tema Escape Room 2020 Running to
Find the Answer. Rangkaian acara CIF terdiri dari kelas online dan
berbagai perlombaan di bidang Komunikasi, seperti Opinion Writing,
Creative Advertising, dan PR Campaign. Puncak acara CIF diisi dengan
kelas online dengan tema Pursuit Ikigai: Living a
Wholesome Life for Mankind bersama Gita Savitri yang berlangsung pada
Minggu (8/11). Berbeda dari tahun sebelumnya, CIF yang seharusnya
diselenggarakan secara offline terpaksa harus diselenggarakan
secara online mengingat situasi pandemi yang tidak
memungkinkan. Ketua panitia CIF, Aulia Rahma Fadilla, mengatakan bahwa
persiapan untuk CIF sudah dilakukan sejak 2019 dan sudah dirancang untuk
dilakukan secara offline. “Persiapan sendiri kira-kira hampir satu
tahun. Jadi, setelah Commweek 2019 selesai, kita ada jeda sebentar terus
langsung mulai persiapan Commweek 2020. Habis itu langsung jalan sampai
Commweek 2020 selesai,” ungkap Aulia. Aulia juga mengakui bahwa perubahan
rancangan dari offline ke online tidak
terlalu sulit karena bentuk acara CIF memungkinkan untuk dilaksanakan
secara online.
Tujuan acara CIF sendiri,
yaitu agar dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk menyalurkan ide
mereka. “CIF ini bertujuan untuk jadi wadah para mahasiswa di seluruh
Indonesia, khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk menyalurkan ide
mereka dengan pendekatan komunikasi dan kreatif,” jelas Aulia. Sesuai
dengan tujuan CIF, target audiensnya yaitu mahasiswa di seluruh Indonesia,
khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi Undip karena acara ini
diselenggarakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Undip.“Target audiens
sendiri sebenarnya kami langsung menargetkan mahasiswa di seluruh Indonesia,
khususnya mahasiswa Ilkom, mengingat acara ini kan online dan
memang kita mau langsung membuat acara yang skalanya nasional. Tapi kembali
lagi karena acara ini diselenggarakan oleh Ilkom Undip sendiri, jadi
ya target audiens paling utamanya adalah anak Ilkom Undip sendiri,”
jelas Aulia.
Dengan suksesnya
rangkaian acara CIF tahun ini, Aulia selaku ketua panitia CIF 2020 berharap
agar Commweek dan CIF dapat lebih sukses lagi ke depannya dan dapat bermanfaat
bagi banyak orang.“Harapannya semoga Commweek dan CIF bisa lebih besar lagi
skalanya, lebih sukses dan juga bermanfaat bagi semua orang,” tutup Aulia.
Sumber: undip.ac.id
#UniversitasDiponegoro
#Undip
#DiponegoroUniversity
#UndipExcellent
#UndipJaya
#UndipMaju
#WorldClassUniversity
#UndipSemarang
0 komentar:
Posting Komentar